15.36
0
khataman al quran darul hijrah puteri

Sebelum perpisahan, ada serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh santriwati kelas akhir. Di antara kegiatan tersebut adalah Khataman Al Quran dan Khutbatul Wada.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Khataman Al Quran yang biasanya dilaksanakan di mesjid, tahun ini dilaksanakan di lapangan terbuka. Acara diselenggaran pada malam Jumat, tanggal 29 Mei 2014. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh santriwati dan para dewan guru.

Para santriwati kelas akhir yang terpilih melantunkan ayat-ayat suci Al Quran dipimpin oleh Kepala SMA Ustadz Abdullah Husin S.Ag., M.Pd.I. Satu persatu mereka membaca Al Quran dimulai surah Adh Dhuha. Di bagian akhir, Asmaul Husna dibaca dengan diiringi oleh seluruh undangan yang menghadiri kegiatan tersebut.

Setelah acara Khataman Al Quran selesai, dilanjutkan dengan pembacaan Khutbatul Wada'. Khutbatul Wada' adalah pidato perpisahan yang dibacakan oleh perwakilan santriwati kelas akhir. Pidato dibacakan dalam dua bahasa, yaitu Arab dan Inggris. Pidato juga berisi pengalaman selama menjadi santriwati di Darul Hijrah Puteri dari kelas satu sampai kelas akhir.

Khutbatul Wada' dalam Bahasa Arab dibacakan oleh Nifi Devianty Nurhikmah yang telah menjadi santriwati selama empat tahun dari kelas 1 intensif. Sedangkan Khutbatul Wada' dalam Bahasa Inggris dibacakan oleh Muthmainnah Khairiyah yang bersekolah di Darul Hijrah Puteri selama 6 tahun sejak kelas 1 SMP.

Sebelum acara pada malam tersebut ditutup, doa dibacakan oleh pimpinan pondok Drs. KH Syahrudi Ramli, M.Fil.I.