Darul Hijrah Sekolah Berbasis Internasional. Guna menjalankan salah satu perintah Allah SWT, yaitu menuntut Ilmu -- Pondok pesantren akan menjadi tempat yang ideal untuk Thalabul 'Ilmi, ilmu akhirat ataupun dunia.

Di zaman yang sudah modern maka pendidikan yang modernpun akan menjadi pilihan tepat untuk menimba ilmu. dalam hal ini pengertian modern pun akan disesuaikan dengan ajaran islam.

Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri merupakan cabang dari pondok Pesantren Darul Hijrah yang hanya menerima santri putri. hal ini telah menjadi amanat para pendiri yang mana telah disesuaikan dengan amanat dari Agama Islam.

Maka, modern yang berlaku dalam jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri adalah modern dalam hal pendidikan, maksudnya adalah jika kita melihat kepada jenjang pendidikan Agama Islam zaman klasik/salaf, pendidikan yang kita ketahui secara awam adalah pendidikan dengan pengajaran kitab kuning, dan konsen terhadap masalah-masalah yang menyangkut agama. Pondok salaf merupakan jenjang pendidikan islam pertama yang berhasil mendidik para santrinya menjadi orang hebat yang diakui oleh masyarakat.

Beralih dari hal tersebut, menilik kembali kepada jenjang pendidkan modern yang terjadi disekolah-sekolah internasional negara-negara maju seperti Singapure, Amerika dan Jepang, kita akan menemukan sistem pendidikan dan pengejaran yang berkurikulum, bersistem, dan teratur. dan karenanya sekolah-sekolah tersebut dapat melahirkan alumni-alumni yang membanggakan masyarakat dunia.

Melihat keberhasilan dari kedua hal tersebut, maka Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri menggabungkan antara keduanya. yaitu keberhasilan Pondok salaf yang dipercaya karena adanya berkah dari Allah SWT (mengutip dari Pidato Al-Ustadz KH. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi MA, Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1), dan keberhasilan dari sekolah-sekolah international yang dipercaya karena adanya sistem pendidikan yang menjanjikan, maka pondok pesantren Darul Hijrah Putri percaya akan dapat menjadi sekolah yang berbasis International Dunia dan Akhirat. Amiin.