13.17
1
Menutup Aurat Hukumnya Wajib

Artinya: Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
 (QS Al Ahzab:59)

Pada tahun 2002, saat pertama kali saya ke Ponpes Darul Hijrah Puteri (PDHP), yang membuat saya terkesan adalah jilbab rapi yang dikenakan oleh para santriwatinya. Sangat berbeda dengan kebiasaan di kampung saya. Asal pakai kerudung. Telinga atau leher kelihatan tidak masalah. Terus pake kerudungnya jika ingin pergi jauh saja. Kalu Cuma ke rumah tetangga tidak perlu mengenakan kerudung.

Sebenarnya abah selalu mengingatkan untuk mengenakan kerudung jika keluar rumah. Saya juga pernah mendengar ceramah bahwa setiap langkah keluar rumah tanpa kerudung, maka di akhirat kepala di tutup jarum. Tapi semua masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Saya kadang hanya mengenakan handuk kecil yang menutup sedikit rambut agar abah berhenti bicara.

Saya tahu menutup aurat itu wajib, tertama pas shalat. Tapi wajib diwaktu lain saya tidak mengerti. Setahu saya yang wajib Cuma rukun Islam yang lima. Yang lain hukumnya mungkin sunat, makruh, mubah atau haram. Manutup aurat termasuk wajib yang bagaimana ya?

Berhubung mengenakan jilbab dan menutup aurat adalah peraturan pondok, saya ikuti saja. Lagi pula saya tidak suka cari masalah.

Saat belajar Tafsir di kelas, ayat di atas adalah ayat pertama yang kami pelajari. Dan di sanalah hati saya terbuka. Jadi hukumnya wajib ya. Wajib yang jika dikerjakan mendapat pahala dan ditinggalkan mendapat dosa. Inilah yang disebut wajib. Jadi, menutup aurat hukumnya wajib.

Dari sini saya mulai belajar, bahwa kewajiban seorang muslim bukan hanya rukun Islam, tapi menaati perintah Allah dan menjauhi larangannya. Semua sudah tercantum di dalam Al Quran. Meskipun saya tidak serta merta langsung bisa mempraktekkannya. Setidaknya saya mencoba menjalakan kewajiban saya yang lain, yaitu kewajiban menuntut ilmu.

Menutup Aurat Hukumnya Wajib