16.42
0
Dalam waktu dekat, tepatnya tanggal 3 sampai 7 Desember 2012, Pondok Pesantren Darul Hijrah Puteri akan mengadakan Ujian Syafahi (Lisan) Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Ujian akan diikuti seluruh santriwati dari SMP dan SMA. Setelah ujian Syafahi, akan dilanjutkan dengan Ujian Tertulis mulai tanggal 10 Desember 2012.

Ujian Syafahi yang berlangsung selama 5 hari ini mencakup tiga materi, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Al Quran.

Bahasa Arab terdiri dari :
Muthalaah
Muhadatsah
Mahfuzhat
Tarjamah
Mufradat
Nahwu
Shorof

Bahasa Inggris terdiri dari :
Vocabulary
Conversation
Grammar
Reading
Translation

Al Quran terdiri dari :
Qiraah
Tajwid
Ibadah Amaliah
Ibadah Qauliah
Juz Amma

Para santriwati dibagi menjadi beberapa kelompok. Santriwati dengan kelompok yang sama, akan mendapatkan jadwal ujian yang sama. Karena waktunya selama 5 hari dan materi yang diujikan hanya 3 macam, maka pada 2 hari yang kosong, santriwati bebas belajar sendiri. Sedangkan para penguji, mau tidak mau harus menguji setiap hari.

Banyaknya santriwati yang diuji menyebabkan jumlah penguji pun tidak sedikit. Meskipun nantinya pertanyaan yang diujikan akan menjadi berbeda sesuai penguji masing-masing, materi yang diujikan dan bahan penilaian pada dasarnya sama. Semua disesuaikan dengan materi yang telah dipelajari di kelas.

Dengan adanya Ujian Syafahi, diharapkan para santriwati dapat menguasai materi lebih baik dan akan lebih siap dalam menghadapi ujian tertulis.