02.19
0
Miss Language adalah salah satu program baru dari Bagian Penggerak dan Penegak Bahasa Organisasi Santriwati Darul Hijrah Puteri (OSDA). Puncak acara kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 9 Februari 2013 di lapangan Umi Hani sehabis Isya. 

Dalam acara Miss Language masing-masing marhalah / angkatan mengirimkan utusannya sebagai seseorang yang paling pandai dalam berbahasa. Setelah melalui beberapa tahapan seleksi, terpilihlah satu orang untuk masing-masing angkatan untuk berlomba pada babak final. 

Berikut adalah nama-nama finalis yang berlomba memperebutkan nama Miss Language 2013: 

Fithriyatul Awaliyah kelas 1 SMP 
Zulfa Tsuraya kelas 2 SMP 
Indah Rahmawati kelas 3 SMP 
Hasanah Kelas 1 Intensif 
Nadya Cindi kelas 3 Intensif 

Acara dibuka langsung oleh Pimpinan Pondok Darul Hijrah Puteri Drs. Syahrudi Ramli. Kemudian diselingi beberapa hiburan dari Angkatan Azhrafa sekaligus panitia. Mereka membawakan sebuah tarian daerah dan rudat. 

Perlombaan terdiri dari 3 Babak. Pada babak pertama masing-masing finalis menjawab pertanyaan yang sudah disediakan dengan Bahasa Arap dan Inggris. Babak kedua hampir serupa, hanya saja merupakan babak rebutan. Pada babak ketiga para finalis menampilkan keterampilan masing-masing. 

Fithriyatul Awaliyah menyanyikan lagu dalam Bahasa Inggris. Zulfa Tsuraya menunjukkan kebolehannya berpidato dalam Bahasa Inggris. Indah Rahmawati menyanyi dalam Bahasa Arab yang merupakan lagu terjemahannya sendiri. Hasanah membawakan syair habsyi dalam bahasa Arab. Nadya Cindi membacakan puisi dalam Bahasa Inggris. 

Saat dewan juri yang terdiri dari Usth. Khairunnisa, Usth. Diesmi, Usth. Ririn, dan Ust. Nur Aini menghitung perolehan nilai, Azhrafa kembali menunjukkan keunggulan mereka dengan membawakan nasyid berbahasa Arab dan Inggris, yaitu Insya Allah dari Maher Zain. 

Pada saat penentuan pemenang, dewan juri yang diwakili Usth. Nur Aini maju ke depan untuk memasangkan mahkota ke atas kepala Miss Language yang terpilih. Setelah membuat para finalis dan penonton deg-degan, maka diumumkanlah Indah Rahmawati dari kelas 3 SMP sebagai Miss Language 2013. 
Miss Language 2013 Darul Hijrah Puteri

Para pendukungnya dari kelas 3 SMP bersorak gembira menyambut kemenangan marhalah mereka. Seluruh pemenang mendapatkan piala yang diserahkan langsung oleh pimpinan pondok dan para ustadzah. 

Berikut adalah urutan pemenang pada acara Miss Language 2013 

Juara 1 Indah Rahmawati kelas 3 SMP 
Juara 2 Zulfa Tsuraya kelas 2 SMP 
Juara 3 Fithriyatul Awaliyah kelas 1 SMP 
Juara 4 Nadya Cindi kelas 3 Intensif 
Juara 5 Hasanah kelas 1 Intensif. 
Kostum paling kreatif dimenangkan oleh kelas 1 Intensif

Setelah pembagian hadiah dan foto-foto, seluruh santriwati diperkenankan kembali ke kamar masing-masing. Sebagai acara perdana, diharapkan Miss Language akan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.