13.38
0
Ramadhan kali ini santriwati lama di Darul Hijrah Puteri tidak liburan sepenuhnya. Mereka menghabiskan separuh bulan puasa di pesantren. Kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung dari jam 08:00 pagi sampai 12:15 siang. 

Dimulai dini hari pada pukul 02:30 santriwati sudah dibangunkan untuk shalat Tahajud berjamaah di kamar masing-masing. Seorang kakak kelas yang sudah duduk di kelas 5 menjadi imam. Setelah itu baru mereka bersama-sama makan sahur di dapur. Sebelum azan Subuh berkumandang, para santriwati pergi ke masjid untuk menunaikan shalat berjamaah. 

Di pagi hari mereka pergi ke kelas sebagaimana biasa. Pukul 9:30 mereka beramai-ramai ke masjid untuk shalat Dhuha berjamaah. Setelah itu kembali melanjutkan kegiatan belajar-mengajar. Shalat Zuhur dan Ashar dilaksanakan secara berjamaah di masjid seperti biasanya. Setelah Zuhur kebanyakan santriwati memanfaatkannya untuk beristirahat. 

suasana ramadhan 1434 h darul hijrah puteri

Pukul 05:30 sore mereka ke masjid untuk membaca Al Quran. Buka puasa bersama dilakukan di masjid dengan kurma dan kue serta segelas minuman. Setelah berbuka, langsung dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah. Sehabis berzikir dan berdoa, mereka kembali ke asrama masing-masing untuk makan malam. 

Shalat Isya dan Tarawih dikerjakan di masjid secara berjamaah. Beberapa Ustadz bergiliran setiap harinya sebagai imam shalat. Sehabis shalat, santriwati tidak langsung kembali ke kamar, namun diteruskan dengan tadarus Al Quran. Pukul 10:00 santriwati sudah berada di kamar masing-masing untuk beristirahat. 

Dalam beberapa hari ini sudah ada beberapa santriwati yang menamatkan membaca Al Quran. Selain waktu yang diharuskan berdasarkan rutinitas di atas, beberapa santriwati memilih menghabiskan waktunya dengan membaca Al Quran. Misalnya saat tidak ada guru yang mengajar di kelas.