22.48
2
Bulan Juni adalah salah satu bulan penting dalam kalender pendidikan. Di mana pada bulan ini para siswa dihadapkan pada keputusan apakah akan naik ke kelas berikutnya atau tinggal kelas. Sebelum keputusan itu tersebut dibuat, para siswa harus menjalani ujian kenaikan kelas. Hal ini tentu juga berlaku di Pondok Pesantren Darul Hijrah Puteri.

Ujian di pesantren ini ada dua macam, Ujian Syafahi / Lisan dan Ujian Tahriri / Tertulis. Ujian Syafahi sudah berlangsung pada tanggal 27 - 31 Mei kemarin. Mekanismenya kurang lebih sama dengan Ujian Syafahi semester ganjil yang lalu. Sedangkan Ujian Tahriri berlangsung pada tanggal 3 - 18 Juni ini.

Ujian kali ini hanya diikuti oleh kelas 1 dan 2 SMP, kelas 1 dan 3 Intensif, serta kelas 4 dan 5 TMI. Sedangkan santriwati kelas 3 SMP dan kelas 6 TMI sudah menyelesaikan proses ujian dan pulang ke daerah asal masing-masing. Perpisahan kelas Akhir dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2013 kemarin.

ujian tahriri kenaikan kelas darul hijrah puteri

Untuk menghindari kecurangan saat ujian, panitia SMP menggabung ruang ujian kelas 1 dan 2 SMP. Dalam 1 ruangan, posisi duduk santriwati diatur secara berselang seling antara kelas 1 dan kelas 2. Meskipun pengawas awalnya sempat agak bingung saat membagikan soal, hal tersebut dapat diatasi.

Dalam masa ujian ini, para santriwati termotivasi untuk belajar lebih giat. Meskipun sebenarnya belajar itu bukan untuk ujian, tapi ujian untuk menilai perkembangan belajar selama ini.