11.32
0

Di setiap detik yang terlewatkan
Ada sejuta cerita yang akan menjadi kenangan
Dan di antara semua kenangan yang terbentang
Rihlah inilah yang kini kan kuceritakan


 

Hello!!!
Hai!!! Kenalin, ane adalah alumni Darul Hijrah Puteri angkatan Grasyriez XIV lulusan tahun 2013. So, sebagai alumni Darul Hijrah Puteri semenjak hampir 2 tahun yang lalu, pastinya memori-memori Darul Hijrah nggak bisa kedelete gitu aja dari hardisk otak ane. Masih berjejal kenangan-kenangan Darul Hijrah yang ngantri buat diceritain, ditulis, dishare dan diambil ibrahnya dari setiap pengalaman sewaktu berstatuskan santriwati Darul Hijrah Puteri.

Nah, untuk tulisan perdana ane di blog Darul Hijrah ini, ane bakalan cerita pengalaman sewaktu ikutan acara Rihlah Iqtishodiyah Grasyriez XIV.

Gimana ceritanya?

Yuk, lanjutin bacanya!

*Keep melek ya, sis J

***

Okeh, sebelum kita cerita rihlah lebih dalam, kita bahas dulu apa itu rihlah iqtishodiyah. Menurut pengamatan ane, rihlah artinya adalah jalan-jalan (klo salah, koreksi ya J ...), dan iqtishodiyah adalah hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi, atau semacam wirausaha mungkin. Jadi kalo digabungin, rihlah iqtishodiyah adalah jalan-jalan sambil nyari ilmu tentang wirausaha. Nah, biasanya rihlah iqtishodiyah ini diadakan ketika santri udah pada mau lulus, biar pas udah lulus nanti udah punya bekal berwirausaha, getoh... Next, ini dia kegiatan anak2 Grasyriez sewaktu Rihlah Iqtishodiyah 2013....

Ahad, 19 Mei 2013

Pelepasan Rihlah Iqtishodiyah 2013

Tepatnya malam senin, ba’da Isya, anak-anak kelas 6 dikumpulin di depan masjid Al-azmu li ahlil khayr buat ngikutin acara pra Rihlah Iqtishodiyah, yakni pelepasan santriwati kelas VI tahun 2013. Di acara ini Mudir berpesan apa-apa saja yang harus kami lakukan ketika berlangsungnya acara rihlah selama kurang lebih 5 hari ke depan. Hanya sebentar acara pelepasan ini, lalu dilanjutkan dengan packing2 persiapan capcus Rihlah menuju rute pertama perjalanan, yakni Batulicin.

*Eksis dulu sebelum acara pelepasan Rihlah Iqtishodiyah >_<

Capcus go from boarding school

Kira-kira jam 10 malam, akhirnya rombongan Grasyriez capcus juga dari ma’had. Ada tiga bis dalam rombongan rihlah ini, yang diisi oleh Ustadz/Ustadzah Pembimbing, anak-anak Grasyriez XIV, dan satu lagi, amang sopir, he2. Nah, waktu itu ane terjerumus dalam bis 1 pas pengundian nomor bis, satu bangku sama temen sekamar dan sekelas juga, yaitu sama Muna (Hai Muna, apa kabar loe sekarang? Gantungan kodok loe masih ada kok ama gua, ha2...)

*Ini dia muha anak2 bis 1 
Senin, 20 Mei 2013

Mampir di masjid Uyuy

Setelah semalaman dalam perjalanan, subuh-subuh rombongan rihlah mampir di Masjid Nurul Hikmah. Kalo nggak salah masjid Nurul Hikmah ini berada sebelum Batulicin. Ya, pastinya buat sholat subuh donk. Sekalian juga buat istirahat bentar, dan tentunya buat hape2 yang pada lowbat bisa langsung dicharger di masjid ini, wkwk...

BTW, mengenai nama masjid ini, kita2 langsung terbesit sama nama salah satu personil Grasyriez, Nurul Hikmah yang napangnya adalah uyuy (he2, pisss uyuy >_<). Karena nama masjid dan uyuy sama, jadi boleh donk kita sebut ini masjid dengan nama masjid Uyuy. Ho2...

*Noh, tampang gerbang masjid Uyuy, bonus modelnya ding >_<
Batulicin broh...

Akhirnya, sekitar jam 07.00 WITA, rombongan rihlah sampe juga di Batulicin. Sebelum tiba di rumahnya Tiara sebagai tempat nginap kita selama kurang lebih satu malam, kita2 mampir dulu di masjid dekat rumahnya Tiara, buat mandi dll. Setelah lama ngantri mandi, lalu langsung ke rumah Tiara, mindahin barang dari bis ke dalam rumah. Terus, istirahat bentar, siap2 buat kunjungan Rihlah Iqtishodiyah pertama, yaitu pabrik roti.


Pabrik Roti

Sekitar jam 09.45, rombongan rihlah berangkat dari rumahnya Tiara menuju pabrik roti yang nggak jauh dari rumah Tiara. Nggak perlu pake bis, jalan kaki aja.

*Barisan rombongan Rihlah menuju Pabrik Roti #Semangat2!!!

Akhirnya nyampe juga di pabrik roti. Pas udah di pabrik roti, anak2 Grasyriez langsung melakukan interview eksklusif dengan staf pemilik pabrik roti tersebut. Moment konyolnya pas sudah serius2nya interview, tiba2 si staf pemilik pabrik roti bercerita mengenai mulai berdirinya pabrik roti ini, dan diantara kisah sejarah pabrik roti ini, terselip nama yang tak disangka2.

“Kalo yang punya usaha ini namanya Pak Sudaryono, biasa dipanggil dengan nama Pak Wiwit...” ujar beliau dengan santainya.

“Bwahaha...” tiba2 anak2 Grasyriez tertawa pecah. Berkeping2.

Gara2nya itu nama “Wiwit” ternyata adalah nama salah satu personil Grasyriez yang lagi nimbrung buat nge-interview beliau. Nggak lucu kan, nama “Wiwit” yang unyu-unyu tiba2 sama dengan nama bapak2 pemilik pabrik roti. Tapi, kalo ternyata nama “Wiwit” punya  nama yang bejo, kaya punya pabrik roti ini misalnya, siapa tau Wiwit personilnya Grasyriez juga bakalan bejo, punya pabrik apaaaa gitu, pabrik tingkat internasional mungkin *hedeh ngarep >_<.

Interview tereksklusif Rihlah Iqtishodiyah di Pabrik Roti

Dari interview tereksklusif itu, selain terselip nama salah satu personil Grasyriez, kita2 juga dapat informasi tentang perkembangan pabrik roti ini. Mulai dari awal berdirinya pabrik ini, roti yang dijual seharga Rp400,-/bungkus sampai sekarang sudah djual seharga Rp800,-/bungkus. Lalu ada juga dijelasin alat dan bahan pembuatan roti di pabrik ini.

Setelah interview, kita2 terjun langsung ke tempat pembuatan rotinya. Kita bisa liat cara pembuatan roti, alat, dan bahan2 pembuatannya. Amazing deh pokoknya. Intinya sedikit banyak kita sudah belajar bagaimana berwirausaha yang baik. Sesuai dengan tujuan Rihlah Iqtishodiyah ini, jalan-jalan sambil belajar ekonomi. Atau, belajar ekonomi sambil jalan2 yah? Ya, kurang lebih gitu deh...


Kunjungan ke Istana Anak Yatim

Setelah berkunjung ke pabrik roti, rombongan rihlah balik lagi ke rumah Tiara, istirahat, siap2 buat capcus ke kunjungan kedua yaitu Istana Anak Yatim.


Kira2 jam 14.35 WITA rombongan rihlah nyampe di Istana Anak Yatim. Pas masuk gerbang Istana Anak Yatim, nggak ada kalimat yang terucap selain kalimat tasbih yang keluar dari setiap mulut rombongan rihlah. Nggak nyangka, Istana Anak Yatim yang waktu di pondok cuma bisa liat dari buku, sekarang udah di depan mata. Megahhhh banget. Takjub abis. Karena tempat ini sungguh berbeda dengan tempat anak-anak yatim biasanya. Kalo biasanya diberi nama Panti Asuhan, kalo di sini diberi nama Istana Anak Yatim. Dari penamaannnya aja udah diketahui bahwa sebenarnya Pemilik Istana ini pengen bilang kalo sejatinya anak yatim itu selayaknya dimuliakan dengan pemberian kata “Istana”. Subhanallah, nggak kebayang kan, betapa bejibunnya pahala orang yang memelihara anak-anak yatim. Ckck...


#To_Be_Continued...

*Cieileh, kayak sinetron yak, bersambung segala,hoho...