20.39
2
Amaliah Tadris 2015

Amaliah Tadris atau Praktek Mengajar adalah salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelas Akhir di Darul Hijrah Puteri. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Pembekalan, Percobaan Amaliah, dan Praktek Amaliah Tadris.

Pada tahun ajaran 2014/2015, Pembekalan Amaliah Tadris dilaksanakan selama dua hari di aula LEC pada tanggal 20-21 April 2015. Sebagai pembukaan Direktur Darul Hijrah Puteri, Drs. K.H. Syahrudi Ramli, M.Fil.I. memberikan sambutan untuk membuka acara. Selanjutnya berbagai materi pembekalan seperti Shifatul Mu'allimah, I'dad Tadris, Turuqut Tadris dan Naqad diberikan oleh beberapa pemateri.

Pada tanggal 23 April, dilakukan Percobaan Praktek Amaliah Tadris pertama di aula LEC. Santriwati yang terpilih adalah Gusti Nur Aida Fasha dengan materi Mahfudzat. Seluruh santriwati kelas akhir dan para Ustadz/Ustadzah pembimbing hadir untuk memberikan naqad. Setelah selesai praktek, pembacaan naqad pun langsung dilaksanakan.

Tahun ini, kelas akhir dibagi menjadi 11 kelompok Alamiah. Adapun para pembimbingnya yaitu:
- Ustadz A. Sofwannor
- Ustadz Sardini, S.Pd.I.
- Ustadz Sardini, S.Th.I.
- Ustadzah Eni Zulaikha, S.Pd.I
- Ustadz Asy’ari, SE.S.Pd.I
- Ustadz Dedy Hafidian, M.Pd
- Ustadzah.Umi Kalsum, S.Pd.I
- Ustadz Dainuri, S.Th.I
- Ustadzah Yuliani, S.Pd.I
- Ustadzah Sugintan, S.Pd.I
- Ustadzah Siti Khadijah, S.Pd.I

Praktek Amaliah Tadris ke kelas kelas berlangsung selama enam hari. Yaitu pada tanggal 24-30 April 2015. Kelas yang diajar yaitu kelas VII, VIII dan Matrik. Dengan materi yang diajarkan yaitu Tamrin Lughah, Muthalaah, Mahfudzat, Nahwu, Shorof, Imla, Hadist, Fiqh, Tafsir, dan Bahasa Inggris.

Dengan adanya Amliah Tadris ini, diharapkan para alumni Darul Hijrah Puteri memiliki keterampilan untuk mengajar yang insya Allah berguna di masa depan.