01.40
1
Sudah menjadi sunah di Ponpes Darul Hijrah kegiatan yang bernama pindah kamar. Perpindahan kamar biasanya dilaksanakan setiap enam bulan sekali, yaitu pada saat pergantian OSDA dan kenaikan kelas. 

Setelah pergantian OSDA yang dilaksanakan minggu lalu, untuk kemudahan dalam melaksanakan tugas harian mereka maka pada hari Minggu, 17 November 2013 yang lalu diadakan perpindahan kamar bagi seluruh santriwati. 

Adapun susunan kamar dan asrama yang baru adalah sebagai berikut 

· Mabna Maimunah didiami oleh kelas XII (3 SMA) dan kelas IX (3 SMP). 
· Mabna Umi Hani dan Sayyidah Fatimah didiami oleh Kelas VII dan VIII (1 dan 2 SMP), Kelas 1 Matrikulasi, dan kelas X (3 Intensif dan 4 TMI). 
· Pada setiap mabna/asrama terdapat sebuah kamar pengurus OSDA (kelas 2 SMA) yang bertugas menjalankan disiplin pondok dengan dibimbing oleh ibu asrama atau para ustadzah. 

Saat perpindahan kamar, banyak orang tua santriwati yang membantu anaknya untuk mengangkat lemari. Selain itu mobil pondok juga berlalu lalang membantu memindahkan lemari dari asrama yang satu ke asrama lainnya. 

perpindahan kamar darul hijrah puteri

Dalam perpindahan kamar kali ini sengaja kelas 3 SMP dan kelas 3 SMA ditempatkan dalam satu asrama khusus agar mereka bisa lebih fokus dalam belajar untuk persiapan Ujian Akhir. 

Semoga dengan perpindahan kamar ini seluruh santriwati bisa mendapatkan suasana baru dan menjadi lebih terbuka terhadap perubahan. Selain itu pergaulan mereka bisa menjadi lebih luas dalam mengenal santriwati lain. Diharapkan juga pengurus OSDA baru bisa lebih mudah dalam melaksanakan tugas harian mereka.